Jasa kontraktor identik dengan bangunan. Yang mana pemanfaatan jasa tersebut akan membuat penyelesaian pembangunan dapat dilakukan secara sistematis. Sebab, proyek pembangunan tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan.

Jika dilakukan oleh pihak yang tidak profesional, maka akan berpotensi untuk menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Sebagai contoh, karena tidak kuatnya bagian atap, justru dapat jatuh menimpa orang yang berada di bawah. Karenanya, akan sangat membahayakan.

Meskipun terdapat biaya yang harus dikeluarkan untuk memanfaatkan kontraktor, tetapi hal tersebut sebanding dengan kualitas bangunan yang akan dihasilkan. Mereka yang sudah mahir dalam bidang konstruksi akan menciptakan bangunan dengan aspek-aspek yang baik dan aman, sehingga tidak akan membahayakan siapapun. Mereka juga akan melakukan perhitungan material yang tepat, sehingga tidak akan terjadi kekurangan atau kelebihan material.

Jasa Kontraktor, Penyedia Jasa Konstruksi

Jasa kontraktor merupakan kegiatan yang memberikan jasa konstruksi kepada orang yang menggunakan jasanya. Yang mana di antara orang yang menggunakan jasa dengan si penyedia jasa akan terikat dalam perjanjian kerja. Jadi, kontraktor bukan pekerjaan bebas.

Di dalam perjanjian kerja, terdapat batasan mengenai waktu pengerjaan, biaya, serta hal-hal lainnya yang berkaitan dengan kontrak kerja yang telah disepakati bersama. Artinya, seorang kontraktor atau penyedia jasanya tidak boleh bekerja dengan melebihi waktu pengerjaan yang telah ditentukan.

Umumnya, proyek dapat diperoleh melalui dua cara. Pertama, penunjukan secara langsung oleh si pemilik proyek. Artinya, pemilik proyek akan melakukan pemilihan secara langsung terhadap kontraktor yang akan digunakan. Kedua, yaitu melalui lelang. Mereka yang menawarkan harga terbaik dengan kecakapan yang mumpuni sesuai dengan proyek yang dikerjakan akan berpeluang besar untuk memenangkan lelang.

Baca Juga : Jasa Pembangunan Rumah Modern Minimalis

Seringkali kontraktor disamakan artinya dengan pemborong. Padahal, makna dari keduanya adalah tidak sama. Pada kontraktor, perjanjian kerja dilakukan secara tertulis. Sedangkan pada pemborong, umumnya perjanjian kerja hanya dilakukan secara lisan. Maka dari itu, konsep dari kontraktor dan pemborong itu berbeda.

Ruang Lingkup Pekerjaan Jasa Kontraktor

Secara umum, kontraktor menawarkan beberapa jasa yang berkaitan dengan bangunan. Apa saja itu? Di bawah ini akan diuraikan secara lengkap mengenai ruang lingkup dari jasa konstruksi melalui kontraktor.

Jasa Desain

Usai melakukan diskusi dengan pemilik proyek, kontraktor akan memaparkan secara detail mengenai desain dari proyek yang akan dilaksanakan. Yang mana desain ini disesuaikan dengan kebutuhan si pemilik proyek.

Kontraktor bisa memberikan desain untuk interior, eksterior, maupun fasilitas lainnya. Jadi, proyek dapat berjalan sesuai dengan desain yang telah dibuat oleh kontraktor yang telah dipilih.

Bangunan dan Material

Kontraktor mempunyai tanggung jawab terhadap seluruh rangkaian kegiatan yang dilakukan saat proyek dilangsungkan. Sebagai contoh, mereka bertanggung jawab penuh atas pembersihan area yang akan dibangun, penggalian tanah guna menanamkan pondasi, penggalian sumur sebagai tempat resapan, dan lainnya. Selain itu, mereka juga berhak untuk menggunakan alat berat dalam mendukung kelancaran proyek bilamana dibutuhkan.

Jasa Renovasi

Kemudian, kontraktor juga bisa melakukan renovasi terhadap bangunan. Yang mana hal ini berati kontraktor bukan hanya menciptakan bangun baru, tetapi juga memperbaiki yang sudah ada. Dalam renovasi, kontraktor dapat melakukan pembongkaran untuk melakukan perubahan desain terhadap eksterior, interior, maupun fasilitas lain yang berada dalam bangunan yang direnovasi.

Baca Juga : Kontraktor Pemborong Jakarta Bergaransi

Macam-Macam Kontraktor

Kontaktor tidak hanya terdiri dari satu jenis, melainkan terdapat beberapa macam kontraktor yang memiliki tugas berbeda-beda. Pertama, terdapat kontraktor bidang arsitektural. Kontraktor ini akan merancang bangunan dengan menggunakan teknologi tertentu.

Mulai dari teknologi sederhana, menengah, hingga tinggi. Selain itu, kontraktor arsitektural juga mampu menciptakan desain interior, eksterior, maupun fasilitas lainnya.

Kedua, yakni kontraktor pekerjaan sipil. Kontraktor jenis ini lebih memfokuskan kegiatannya pada pembangunan fasilitas-fasilitas publik. Sebagai contoh, pembangunan jalan dan jembatan. Umumnya, proyek dari kontraktor sipil sifatnya besar.

Ketiga, yaitu kontraktor tata lingkungan. Sama dengan namanya, kontraktor yang satu ini akanmelakukan pengurusan terhadap komponen-komponen yang berkaitan dengan penataan lingkungan. Misalnya, melakukan analisis dampak lingkungan, pengelolaan limbah, dan lainnya.

Selanjutnya, terdapat kontraktor elektrikal yang menangani masalah elektrikal, seperti instalasi listrik. Ada pula kontraktor mekanikal yang bertanggung jawab atas instalasi industri, konstruksi lift dan eskalator, dan lainnya.

Mitra Dua, Penyedia Jasa Kontraktor Profesional Bergaransi

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus mempercayakan kebutuhan kontraktor kepada penyedia jasa yang profesional. Saat ini, telah ada Mitra Dua yang menawarkan jasa kontraktor yang terpercaya. Bahkan, mereka pun memberikan garansi sebagai jaminan bahwa kualitas yang diberikan bukan abal-abal.

Apabila Anda ingin menggunakan jasa yang ditawarkan oleh Mitra Dua, bisa langsung saja menghubungi mereka. Dengan cara, melalui call centernya. Akan ada berbagai penawaran menarik khusus untuk Anda. Jadi, jangan sampai ketinggalan ya.


Informasi Harga & Konsultasi Hubungi

☎️ 0811-911-9989 atau chat di whatsapp

✉️ cvmitradua@gmail.com